Sabtu, 11 November 2023

Retret Kelas 9 23/24

    Hari Senin 16 - Jumat 18 Oktober yang lalu, kami, seluruh siswa kelas 9 melaksanakan kegiatan Retret atau pembinaan Iman di Rumah Retret Santa Julie Billiart. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 gelombang pemberangkatan. Kebetulan kelas ku dapat kedapatan berangkat di gelombang ke 1 bersama kelas 9A dan beberapa tambahan anak kelas 9 lain yang terpaksa ikut gelombang ke 1 karena harus menerima sakramen Krisma. 

    Di hari kami berangkat, kami mengikuti pembelajaran terlebih dahulu sampai jam 09.00, kemudian kami di persilahkan pulang dan mempersiapkan barang-barang yang akan kami bawa. Kemudian kembali lagi ke sekolah pada jam 11.30, dengan membawa barang-barang yang kami perlukan. Kami tidak diperbolehkan membawa handphone, agar tidak mengganggu fokus kegiatan tersebut. Pada kisaran jam 12.00, barang bawaan kami sudah masuk ke dalam bagasi bis dan sudah mulai mencari tempat duduk di dalam bis. Perjalanan dari sekolah ke Rumah Retret Santa Julie Billiart memakan waktu 30 menitan, jadi kami sampai disana kisaran 12.30. 

    Sesampainya kami disana, kami mengambil barang bawaan masing-masing dan langsung menuju ke Aula Rumah Retret Santa Julie Billiart. Di Aula kami diberi penjelasan seputar peraturan yang harus kita jalani selama melaksanakan kegiatan retret disana. Setelah peraturan, dibacakanlah pembagian kamar dan teman sekamar kami dan kami diberi waktu isitrahat sebelum akhirnya melakukan sesi. 

    Kami melakukan kegiatan retret selama 3 hari 2 malam, jadi kami pulang pada hari Rabu sore. Hari pertama sesi, kami diberitahu tepuk kekompakan dan tanda agar kami diam yaitu mengangkat tangan kanan dan membunyikan lonceng. Kami juga diajarkan bagaimana menerapkan keheningan atau biasa mereka sebut "silencium" di setiap kegiatan misalnya makan, pada saat sesi, juga saat malam hendak tidur. 

    Di hari kedua, kami diharuskan sudah berkumpul di dekat gerbang pada jam 05.15 dan kami tidur pada jam 10an. Pagi-pagi kami berkumpul dan diajak untuk jogging pagi di suasana yang dingin itu. Di sesi hari kedua kami lebih ditekankan pada pendalaman keyakinan akan berdoa dan seberapa penting Tuhan itu bagi kita. Di siang hari nya kami ada kegiatan Outbound. Di sesi malam, sudah di siapkan 1 lilin di lantai, masing-masing anak harus menempati 1 lilin, lampu mulai dimatikan, dan kami disuruh menceritakan apa keinginan, permasalahan, dan tentang siapa diri kami. Di sesi ini juga kami ada kegiatan dimana kami memberi sedotan sebagai nyawa kepada "orang pilihan" yang menurut kami layak diselamatkan. Sebelumnya, kami diberi ilustrasi pendek, singkatnya ada 1 sekoci tersisa yang hanya muat 4 orang, kita harus memilih 3 orang lain yang akan naik ke sekoci agar dapat selamat. 

    Di hari ketiga, kami bangun agak lambat dan jam 05.30 sudah harus berkumpul untuk jalan pagi, berbeda dengan hari kedua. Sesi dihari ketiga hanya sedikit karena sebelum kami pulang, ada misa perpisahan. Akhir cerita, kami memulai perjalanan pulang saat bus yang ditumpagi gelombang 2 datang, karena bus yang kami pakai bergantian, dan sampai kembali di sekolah setelah 30 menit berlalu. 

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

About